Tips Trik

Cara Mudah & Cepat Belajar Komputer Untuk Pemula

Komputer pertama kali ditemukan sekitar tahun 1940. Dan pada awalnya komputer memiliki diameter yang sangat mengagumkan, karena segede rumah. Awalnya hanya diminati oleh kalangan militer, sebab digunakan untuk memecahkan sandi rahasia pada peperangan. Nah, dari sana kemudian berjalan kembali. Ditemukan generasi kedua yang ukurannya sudah mulai menyusut. Kemudian menyusut lagi. Meski masih didominasi oleh militer dan perusahaan saja.

Tahun 1980 adalah tahun perubahan besar. Di mana komputer mulai ditemukan dalam bentuk lebih ramping dan menarik.Kemudian muncul seri komputer MacOS bernama Lisa. Sebuah komputer rumahan dengan harga yang fantastis. Nah, tak lama kemudian bermunculan dari IBM dan yang lain. Di zaman sekarang, bahkan sudah bisa dibawa ke mana-mana, karena komputer sudah bisa dilipat, yakni laptop. Di zaman sekarang, ketika komputer sudah merajalela, rasanya aneh bila tidak bisa menggunakan komputer. Terlebih sekarang melamar kerja salah satu syaratnya adalah bisa mengoperasikan komputer.

Oke, makanya saya akan ajak kalian belajar komputer secara otodidak untuk pemula. Tahapan ini, adalah pengalaman pribadi yang dulu saya lakukan. Jadi, semoga bermanfaat untuk kalian semua. Mari kita ikuti step by stpenya. Semoga bermanfaat.

1. Niatkan untuk mengangkat kebodohan

Ini sering terjadi. Banyak orang salah mengartikan niat belajar. Banyak dari mereka belajar dengan niat mencari ilmu. Tapi ilmu itu sendiri bukan untuk mengangkat kebodohan, sekedar untuk memiliki saja. Jadinya, parah dan parah. Nah, sebelum belajar komputer kamu niatkan untuk menghilangkan atau mengangkat kebodohan pada diri kamu.

Oke, jika memang niat sudah ditata dengan baik. Ada baiknya kamu persiapkamn segala kebutuhan. Apa saja kebutuhan tersebut? mari kita simak dalam ulasan selanjutnya. Semoga bermanfaat.

2. Beli buku panduan

Ini penting. Dengan buku panduan kamu akan mengenal kapan, di mana? bagaimana cara memulainya dengan baik dan terarah. Nah, harga buku panduan juga murah kok, ngga sampai 100 ribuan. Biasanya malahan banyak dijual murah di pasar loak. Kalau beruntung datang saja ke pasar tradisional, kamu bisa mendapatkan dengan harga tidak sampai 20 ribu.

Dengan buku panduan, belajar kamu akan lebih terarah dan sudah tentu jadi lebih fokus. Makanya, jangan sampai tidak. Meskipun kamu memakai guru, buku panduan tetap harus dipakai. Sudah tahu bukan? nah, inilah persiapan kedua. Sekarang persiapan ketiga. Mari kita simak!

3. Kenali Hardware setiap bagian dari komputer

Kenali di sini adlaag fungsinya, ya! misalnya Keyboard gunanya untuk apa? Monitor untuk apa, cara menyalakan bagaimana? dan banyak lagi. Intinya kenali semua jenis hadrware, jika perlu sekaian apa itu hardware dan juga motherboard. Karena yang ini justru penting sekali. Makanya, jangan dilewatkan.

4. Praktek

Praktek dimulai dengan cara menyalakan komputer, mengenali software standar misal, menulis ya gunakan micorsoft office world. Kalau mau browsing, ya gunakan browser. Kemudian jika sudah mulailah praktek. Cara menggerakkkan mouse, ini penting sekali. Lalu, cara membuka aplikasi yang ada di komputer.

Nah, yang lebih penting dan vital adalah cara menggunakan keyboard. Karena ini adalah inti. Jadi, perbanyak praktek menulis dan kenali keyboard. Bukan short cut, sebab short cut penting, tapi tidak penting.

5. Ulangi tanpa bosan

Terus ulangi praktek yang kamu lakukan. Dan jangan pernah bosan melakukannya. Karena yang namanya “bisa” hanya karena terbiasa saja. Makanya, tanpa terbiasa kamu tidak akan pernah bisa.

Sampai di sini sudah faham? semoga faham. Simpel banget kok cara belajarnya. Ngga usah pakai guru sudah pasti bisa. Nah, kalau ini berguna bagimu jangan lupa share.

Saya akhiri sampai di sini dulu. Semoga bisa diambil pelajaran. Dan tentunya saya akan kembali pada kesempatan yang akan datang. Sampai jumpa pada edisi berikutnya. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *